Senin, 16 Mei 2011

Arti Cobaan

Arti cobaan ?
apa itu cobaan ?
dan Kenapa cobaan itu harus ada ?

Cobaan, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kata-kata tersebut. Banyak sekali orang yang mengeluh tentang adanya cobaan. Bahkan ada yang menganggap "kenapa harus ada cobaan? apakah Tuhan tidak sayang kepada kita jika cobaan itu datang terus menerus,,,?". Apa arti cobaan itu sendiri.....???
Allah memberikan tiap-tiap umatnya yang beriman untuk diuji keimannnya, harta kekayaan, keluarga, fisik semua itu adalah bayangan belaka , semua itu adalah cobaan dari Allah. Apakah manusia itu bisa mempergunakannya dengan sebagaimana yang diperintahkan supaya tidak terlalu terlena dengan semua itu. Apakah manusia mensyukurinya?

Apakah kita tahu makna sebenarnya dari cobaan? Cobaan adalah ukuran bagi sempurna atau tidaknya iman seseorang. "Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan(saja) mengatakan "Kami beriman" sedang meraka tidak di uji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah Menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang berdusta. Al-Ankabut:2-3

Sesuai dengan ayat diatas, Allah akan memberi petunjuk atas penyataan yang telah manusia itu berikan, dengan sebuah cobaan, sampai dimanakah tingkat keimanan manusia tersebut dengan cobaan yang dihadapinya apakah manusia tersebut bisa bertahan dengan keimanannya. Apakah akan tetap bertahan untuk tetap menyembahnya?Apakah akan lebih mendekat padaNya? atau malah berbalik dari Nya?

Pernahkah kita berfikir tentang keluputan azab dari Allah jika mengerjakan hal yang buruk,,?Allah berfirman dalam Al-Ankabut : 4 "Amatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu." Jangan sampai kita berfikiran akan lepas dari sebuah pertanggungjawaban atas perilaku kita selama ini, Barang siapa yang ingin bertemu dengan Allah, maka sesungguhnya waktu yang dijanjikan Allah itu pasti datang. Dan Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha mengetahui.


Allah menjanjikan surga yang pasti, sedang dunia ini hanyalah bayangan belaka. Dunia ini adalah bayangan belaka ini indah, bagaimana dengan surga yang telah janjikan Allah?pasti lebih dan lebih indah lagi dari dunia kita yang sekarang ini. Tentunya bagi orang-orang yang beriman ,beramal saleh dan bagi orang orang yang bertaubat dijalanNya.
jadi bisa di katakan Arti cobaan adalah ukuran bagi sempurna atau tidaknya Iman seseorang.
dan Kenapa harus ada cobaan ? Karena tu cara Tuhan miningkatkan derajat manusia.


sumber : fatma-v3

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentarnya....

Dapatkan Kabar Berita Terkini