Selasa, 05 April 2011

cokelat image edible




info buat ibu ibu atau siapa aja yang hobi masak. ini nich yang lagi rame sekarang, yaitu cokelat image edible.
apasih image edible itu.....???
Dahulu untuk menghias kue bergambarkan karakter atau kartun  biasanya dilakukan menggunakan butter cream yang membutuhkan waktu yang  cukup lama.
Sekarang ini Anda tidak perlu lagi bersusah payah untuk membuat dan  dapat lebih menghemat waktu untuk dapat membuat karakter atau kartun  bahkan foto sekalipun dapat dibuat diatas kue yang diinginkan. Lho.. kok  bisa sih foto di pasang diatas kue ?
<strong>Memang bisa dimakan fotonya ya?</strong>
Inilah namanya teknologi <em>“edible image transfer”</em> dimana  karakter gambar bisa berupa foto yang dicetak dengan printer di atas  icing sheet (kertas gula) dengan menggunakan tinta dari pewarna makanan.  Kemudian edible image tersebut dipasang ke atas cake, cup cake, ataupun  cookies dengan tujuan mempercantik tampilannya.
Edible image ini aman dikonsumsi dan praktis karena tinggal  ditempelkan pada cake dan seketika akan mengubah tampilannya menjadi  istimewa. Namun sebelumnya harus dioles dulu belakang edible dengan  white cooking coklat agar edible tidak “mengkerut” atau bergelombang  karena terkena kelembaban/tetesan air dalam kulkas, karena edible itu  bermusuhan dengan air….tunggu sampai white cooking coklat keras…edible  siap di tempel diatas cake
Edible Image juga dapat digunakan utuk hiasan Coklat lollipop atau  Coklat batangan / Praline, cuma bedanya gambar di print diatas kertas TT  (Transparance Transprint). Nah kertas ini sangat beda dengan kertas  icing sheet dan sedikit rentan dengan gesekan karena bahan dasar gulanya  hanya disemprotkan sedemikian rupa di atas kertas transparansi (mika  plastik tipis) baru kertas tersebut dapat digunakan untuk di cetak.
Edible coklat pun sangat menarik, kita bisa memasang foto kita  sendiri di atas kue yang kita buat. Untuk acara-acara tertentu seperti  ulang tahun, kelahiran ataupun syukuran sangat bagus apabila kita  memasang foto sang bayi atau anak kita.</div>


sekarang gimana cara pembuatan cokelat image edile. kali ini saya akan membahas membuat coklat lolipop dengan edible image.  
Untuk membuat coklat lolipop dengan edible image yang diperlukan adalah :



1. coklat putih, atau coklat yg sudah berwarna dan ada rasanya



2. kantong segitiga atau piping bag




3. cetakan coklat lolipop mr. smiley

4. edible image ukuran diameter 3 cm atau lebih kecil (misalnya 2,7 cm)





6. stik dan pembungkus permen coklat lolipop


Cara Membuat :




1. masukkan edible image ke dalam cetakan mr. smiley




2. potong-potong coklat, kemudian panaskan hingga coklat mencair, kemudian masukkan ke dalam kantong segitiga. Atau bisa juga dengan cara sesat ala rina rinso - masukkan potongan coklat ke dalam kantong plastik segitiga kemudian panaskan dengan microwave.


3. tuangkan coklat cair ke dalam cetakan coklat, kali ini aku buat 2 warna jadi cetakan coklat hanya di isi setengahnya aja.



4. setelah coklat agak mengeras segera tuang kembali coklat dengan warna yg lain hingga cetakan coklat penuh. sisipkan stik coklat lolipop. supaya stik-nya tidak melorot sebaiknya diganjal dengan sesuatu, misalnya buku, untuk menahan supaya stik tetap bisa pada posisinya.


5. bila posisi stik sudah mantap, segera pindahkan coklat ke dalam lemari es selama 10 - 15 menit. kemudian keluarkan coklat dari cetakan. kalau coklat masih susah untuk dikeluarkan dari cetakan artinya coklat belum sepenuhnya keras, masukkan kembali ke dalam lemari es dan bekukuan sampai coklat bisa dikeluarkan dari cetakan dengan mudah.
6. coklat lolipop dimasukkan ke dalam plastik pembungkus dan jadilah souvenir coklat yang unik dan cantik.











































sumber : http://blog.keyshasnack.com
              http://ala-rinarinso.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentarnya....

Dapatkan Kabar Berita Terkini