Minggu, 05 Desember 2010

Macam-macam bahasa pemrograman

Pemrograman web adalah sebuah pembahasan tentang bahasa pemrograman yang di gunakan untuk membuat sebuah website, banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat digunakan, antara lain :.. 1. Bahasa Pemrograman HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

2. Bahasa Pemrograman PHP

PHP merupakan singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocessor”, adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java, asp dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web untuk menulis halaman web dinamik dengan cepat.

Pada saat ini bahasa PERL dan CGI sudah jauh ketinggalan jaman sehingga sebagian besar designer web banyak beralih ke bahasa server-side scripting yang lebih dinamis seperti PHP.
Seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP. Namun kekuatan yang paling utama PHP adalah pada konektivitasnya dengan system database di dalam web. Sistem database yang dapat didukung oleh PHP adalah :
1. Oracle
2. MySQL
3. Ms. Access
4. Sybase
5. PostgreSQL
6. dan lainnya
PHP dapat berjalan di berbagai system operasi seperti windows 98/NT, UNIX/LINUX, solaris maupun macintosh. Keunggulan lainnya dari PHP adalah PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan seperti protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 bahkan HTTP

3. Bahasa Pemrograman ASP

ASP adalah singkatan dari Active Server Pages yang merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis. ASP merupakan salah satu produk tekhnologi yang disediakan oleh Microsoft. ASP diproses melalui web server dan hasil proses ini menghasilkan HTML yang akan dikirimkan melalui browser. ASP bekerja pada web server dan merupakan server side scripting. Berbeda dengan VBScript yang bekerja pada client atau disebut juga client side scripting. Meskipun demikian ASP mengunakan VBScript sebagai bahasa dasar untuk pemogramannya.

ASP adalah bahasa pemrograman made in Microsoft. Anda mungkin sudah bisa menerka kira-kira seperti apa ASP itu. Sangat compatible dengan .NET framework dan juga koneksi dengan MS SQL yang sangat bagus, tentu saja kan sama2 produk Microsoft. Berbayar, sudah pasti. Fungsionalitas dan kemudahannya? Ini yang saya kurang paham, karena belum pernah mencoba dan masih kekurangan bahan artikel tentang bahasa pemrograman yang satu ini. Tapi kabarnya ASP bahasa pemrograman yang berbasiskan event handling, ini tentu saja kabar baik bagi mereka yang tidak ingin beribet dengan HTML DOM dan javascipt untuk menangani event.

4. Bahasa Pemrograman XML
XML (eXtended Markup Language) adalah bahasa markup yang digunakan untuk menyimpan data (tidak ada program) dan tidak tergantung dengan tools tertentu (seperti editor, dbms, compiler, dsb). Jika demikian, Lalu digunakan untuk apa dokumen XML ini?

XML adalah merupakan suatu bahasa Markup. Markup yaitu bahasa yang berisikan kode-kode berupa tanda-tanda tertentu dengan aturan tertentu untuk memformat dokumen teks dengan tag sendiri agar dapat dimengerti.
5. Bahasa Pemrograman WML
WML adalah bahasa yang digunakan untuk membuat halaman yang nantinya ditampilkan pada browser ponsel. Disini anda akan mempelajari tentang WAP dan WML. Anda akan mempelajari bagaimana cara merubah (convert) halaman HTML ke bentuk format sederhana yang tentunya bisa di akses melalui klien wireless seperti ponsel.

6. Bahasa Pemrograman PERL

Perl merupakan bahasa pemrograman dengan kemampuan utama untuk melakukan berbagai jenis pemrosesan teks. Dengan dasar kemampuan tersebut, Perl makin berkembang untuk dapat melakukan berbagai macam proses menyangkut manipulasi data teks dan biner sejak dibuat pertama kali oleh Larry Wall pada tahun 1987. Proses yang bisa dilakukan beragam, dari file teks biasa sampai DBM. Dari pengelolaan data di RDBMS sampai pemrosesan informasi yang disebar melalui jaringan. Dari manipulasi grafis, audio (MP3) dan video sampai pembuatan panel kontrol untuk home automation. Dan konon katanya, Perl itu singkatan dari “Practical Extraction and Reporting Language”. Tapi, jangan pernah menyebutnya “PERL”. Pembuatnya ingin bahasa ini dipanggil Perl.

Motto Perl adalah TMTOWTDI (there’s more than one way to do it). Apapun yang Anda lakukan dengan Perl, tersedia lebih dari satu cara. Pertimbangan yang dimiliki seorang programer biasanya meliputi penulisan kode, efisiensi, kecepatan, dan kejelasan. Untuk menjalankan Perl sendiri tersedia beberapa cara. Namun untuk kepentingan tutorial ini, mungkin hanya satu atau dua cara saja yang saya tunjukkan. “Banyak cara” tidak selalu berarti “semua cocok” untuk “semua kondisi”.

7. Bahasa Pemrograman CFM

Cfm dibuat menggunakan tag ColdFusion dengan software Adobe ColdFusion / BlueDragon / Coldfusion Studio.
Syntax coldfusion berbasis html.

8. Bahasa Pemrograman Javascript
Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client. JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang dikembangkan oleh Netscape. Untuk menjalankan script yang ditulis dengan JavaScript kita membutuhkan JavaScript-enabled browser yaitu browser yang mampu menjalankan JavaScript.

9. Bahasa Pemrograman CSS

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup. Penggunaan yang paling umum dari CSS adalah untuk memformat halaman web yang ditulis dengan HTML dan XHTML. Walaupun demikian, bahasanya sendiri dapat dipergunakan untuk semua jenis dokumen XML termasuk SVG dan XUL. Spesifikasi CSS diatur oleh World Wide Web Consortium (W3C).

CSS digunakan oleh penulis maupun pembaca halaman web untuk menentukan warna, jenis huruf, tata letak, dan berbagai aspek tampilan dokumen. CSS digunakan terutama untuk memisahkan antara isi dokumen (yang ditulis dengan HTML atau bahasa markup lainnya) dengan presentasi dokumen (yang ditulis dengan CSS). Pemisahan ini dapat meningkatkan aksesibilitas isi, memberikan lebih banyak keleluasaan dan kontrol terhadap tampilan, dan mengurangi kompleksitas serta pengulangan pada stuktur isi.

0 komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentarnya....

Dapatkan Kabar Berita Terkini