Senin, 31 Januari 2011

mengubah text image menjadi word

Dulu w pernah berfikir seandainya saja tekt yang ada di gambar bisa diubah menjadi word pasti w ga usah ribet ngetik, ngetik postingan seupil ini aja w butuh berjam-jam,karena w ga bias Microsoft office ,hahahahha.setelah w Tanya sana sina ternyata bisa,wih sadap…….katanya untuk merubah image / gambar kita harus menggunakan software yang namanya OCR ( Optical Character Recognition ).trus w cari cari deh tu software. Pertama w pake ocr text scan 2 word,tapi hasilnya kurang memuaskan, terus w coba lagi cari OCR yang lebih bagus tapi tetep w cari yang FREE.hahhaha ( biasa ga mau modal ).trus w dapetin deh tu FREE OCR dari mr.jepits (thanx bos infonya ). Pas w coba pakai ternyata hasilnya lebih baik dari yang pertama w pakai. Emang sih ga bisa total namanya juga barang FREE alias gratisan, hehehe.
Buat kalian yang ingin menggunakan OCR yang sekarang w pakai . cara penggunaanya pun mudah, klik File/Open kemudian cari file yang ingin kita ubah ( biasanya dalam bentuk JPG) dan edit menjadi teks, kemudian klik menu OCR/Start OCR Process maka proses konversi akan segera dilakukan. Dan sim salabim jadi apa prok prok prok ( emang mr. tarn* )jadi deh tu file menjad word.Setelah itu simpan atau copy-paste hasil konversi tersebut ke Ms.Word.
Ingat, sebelum menjalankan/Meng-install free ORC, Free OCR21.exe butuh .NET Framework versi 2.0 kalo blm punya silahkan download *DISINI* terlebih dahulu.
Dan untuk menggunakan FREE OCR yang w pakai kalian bisa download freesoftware nya =>> *free download OCR*

keep rock in *JUEL GEARZ*
\M/

Rabu, 26 Januari 2011

fungsi komponen pada komputer

Fungsi Masing-Masing Komponen Komputer

dipostingan sebelumnya telah di jelaskan apa saja komponen pada komputer.sekarang akan dijelaskan apa saja fungsi dari masing masing komponen tersebut.


Motherboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

Processor

Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.
Video Card
Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.

Sound Card

Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card.

Hard Disk

Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

Optical Disc Drive

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.

Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik.

Keyboard

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

Mouse

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.
Power Supply
Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.

Casing

Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

Kartu jaringan

Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.

itu adalah beberapa komponen komputer dan fungsinya untuk komponen yang lain akan tunggu aja di postingan selanjutnya.
semoga bermanfaat.

JUEL GEARZ...

komponen komputer

Komponen Komputer

Komponen komputer adalah semua piranti elektronik yang terdapat di dalam sebuah komputer. Piranti elektronik ini biasa disebut sebagai perangkat keras komputer atau computer hardware. Perangkat keras komputer ini bisa kita beli secara terpisah di toko komputer untuk kemudian kita rakit sendiri menjadi sebuah komputer

Komponen-Komponen Komputer

Komponen komputer bisa dikategorikan menjadi dua macam , yang pertama adalah komponen komputer utama, yaitu komponen-komponen komputer yang mutlak diperlukan agar sebuah komputer bisa nyala atau berfungsi, sedangkan yang kedua adalah komponen komputer tambahan atau biasa disebut sebagai peripheral, yaitu komponen komputer yang sifatnya sebagai pelengkap saja atau untuk menambahkan fungsi dari komputer tersebut.
Berikut daftar komponen-komponen komputer yang termasuk ke dalam komponen komputer utama dan komponen komputer tambahan:

Komponen Komputer Utama:
1.Motherboard.
2.Processor + Fan dan Heatsink.
3.RAM.
4.Video Card.
5.Sound Card.
6.Hard Disk.
7.Optical Disc Drive .
8.Monitor.
9.Keyboard.
10.Mouse.
11.Casing + Power Supply.

Komponen Komputer Tambahan (Peripheral):
1.LAN Card.
2.Modem.
3.TV Tuner.
4.Printer.
5.Scanner.
6.Speaker.
7.Headphones.
8.Bluetooth.
9.USB Card.
10.FireWire Card.
11.Webcam.
12.dll.

untuk mengetahui FUNGSI dari masing-masing KOMPONEN tersebut silahkan KLIK DISINI

MOTHERBOARD

Motherboard

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.

PROCESSOR

Processor

Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.

RAM

RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access MemorY, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.

VIDEO CARD

Video Card

Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor. Sebelum membeli sebuah video card, kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot video card apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya

SOUND CARD

Sound Card

Sound card adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untu menghasilkan suara dan menyediakan port-port inputan dan outputan. Sound card biasanya telah disediakan secara onboard di motherboard-motherboard baru yang ada di pasaran saat ini, jadi kalian tidak perlu mengeluarkan dana ekstra untuk membeli sebuah sound card

HARD DISK

Hard DisK
Hard disk adalah komponen komputer tempat kita UNTUK menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.

OPTICAL DISC DRIVE

Optical Disc Drive

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.

MONITOR

Monitor

Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card. Monitor komputer yang banyak tersedia di pasaran saat ini adalah monitor CRT (monitor tabung) dan monitor LCD, namun saat ini kebanyakan orang-orang lebih memilih menggunakan monitor LCD (terutama di kantor-kantor) karena monitor LCD ini selain tampilannya lebih modern, juga memiliki kelebihan lainnya yaitu hemat space dan hemat listrik

KEYBOARD

Keyboard

Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu. Selain keyboard standard, keyboard komputer saat ini memiliki model bermacam-macam, seperti keyboard mini, keyboard fleksibel yang bisa dilipat, keyboard wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya.

MOUSE

Mouse

Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi. Mouse juga bermacam-macam modelnya, ada mouse standard, mouse untuk keperluan gaming, mouse wireless yang menggunakan bluetooth, dan lain sebagainya

Power Supply

Power Supply

Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.

Casing komputer

Casing

Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

LAN CARD /KARTU JARINGAN

Kartu jaringan

Kartu jaringan (Inggris: network interface card disingkat NIC atau juga network card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

NIC fisik

NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam sebuah slot dalam motherboard komputer, yang dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express. Selain berupa kartu-kartu yang ditancapkan ke dalam motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal yang berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card, sehingga meningkatkan mobilitas (bagi pengguna yang mobile).

Kartu NIC Fisik terbagi menjadi dua jenis, yakni:
•Kartu NIC dengan media jaringan yang spesifik (Media-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis berdasarkan media jaringan yang digunakan. Contohnya adalah NIC Ethernet, yang dapat berupa Twisted-Pair (UTP atau STP), Thinnet, atau Thicknet, atau bahkan tanpa kabel (Wireless Ethernet).
•Kartu NIC dengan arsitektur jaringan yang spesifik (architecture-specific NIC): yang membedakan kartu NIC menjadi beberapa jenis, sesuai dengan arsitektur jaringan yang digunakan. Contohnya adalah Ethernet, Token Ring, serta FDDI (Fiber Distributed Data Interface), yang kesemuanya itu menggunakan NIC yang berbeda-beda. Kartu NIC Ethernet dapat berupa Ethernet 10 Megabit/detik, 100 Megabit/detik, 1 Gigabit/detik atau 10 Gigabit/detik.
Tugas NIC adalah untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan. Media yang umum digunakan, antara lain adalah kabel UTP Category 5 atau Enhanced Category 5 (Cat5e), kabel fiber-optic, atau radio (jika memang tanpa kabel).
Komputer dapat berkomunikasi dengan NIC dengan menggunakan beberapa metode, yakni I/O yang dipetakan ke memori, Direct Memory Access (DMA), atau memory yang digunakan bersama-sama. Sebuah aliran data paralel akan dikirimkan kepada kartu NIC dan disimpan terlebih dahulu di dalam memori dalam kartu sebelum dipaketkan menjadi beberapa frame berbeda-beda, sebelum akhirnya dapat ditransmisikan melalui media jaringan. Proses pembuatan frame ini, akan menambahkan header dan trailer terhadap data yang hendak dikirimkan, yang mengandung alamat, pensinyalan, atau informasi pengecekan kesalahan. Frame-frame tersebut akan kemudian diubah menjadi pulsa-pulsa elekronik (voltase, khusus untuk kabel tembaga), pulsa-pulsa cahaya yang dimodulasikan (khusus untuk kabel fiber-optic), atau gelombang mikro (jika menggunakan radio/jaringan tanpa kabel).
NIC yang berada dalam pihak penerima akan memproses sinyal yang diperoleh dalam bentuk terbalik, dan mengubah sinyal-sinyal tersebut ke dalam aliran bit (untuk menjadi frame jaringan) dan mengubah bit-bit tersebut menjadi aliran data paralel dalam bus komputer penerima. Beberapa fungsi tersebut dapat dimiliki oleh NIC secara langsung, diinstalasikan di dalam firmware, atau dalam bentuk perangkat lunak yang diinstalasikan dalam sistem operasi.

NIC logis

NIC logis merupakan jenis NIC yang tidak ada secara fisik dan menggunakan sepenuhnya perangkat lunak yang diinstalasikan di atas sistem operasi dan bekerja seolah-olah dirinya adalah sebuah NIC. Contoh dari perangkat NIC logis adalah loopback adapter (dalam sistem operasi Windows, harus diinstalasikan secara manual atau dalam sistem operasi keluarga UNIX, terinstalasi secara default, dengan nama interface lo) dan Dial-up adapter (yang menjadikan modem sebagai sebuah alat jaringan dalam sistem operasi Windows). Kartu NIC logis ini dibuat dengan menggunakan teknik emulasi

MODEM

Modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.
Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.

Jenis-jenis modem

•Modem 3GP
•Modem GSM
•Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
•Modem ADSL
oModem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
•Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
•Modem CDMA

TV TUNER

TV tuner

Kartu TV tuner adalah komputer komponen yang memungkinkan televisi sinyal yang akan diterima oleh sebuah komputer . Kebanyakan TV tuner juga berfungsi sebagai kartu video capture , yang memungkinkan mereka untuk merekam program televisi ke sebuah hard disk .
Varian
Interface untuk kartu TV tuner yang paling sering baik PCI bus ekspansi kartu atau yang lebih baru PCI Express (PCIe) bus untuk kartu modern, tetapi PCMCIA , ExpressCard , atau USB device juga ada. Selain itu, beberapa kartu video ganda sebagai tuner TV, terutama ATI All-In-Wonder series. Kartu ini berisi tuner dan -ke-digital converter analog (secara kolektif dikenal sebagai front end analog) bersama dengan demodulasi dan logika antarmuka. Beberapa-end kartu rendah kurangnya prosesor onboard dan, seperti Winmodem , bergantung pada sistem CPU untuk demodulasi.

Saat ini ada empat jenis kartu tuner di pasar:

Analog TV tuner

Televisi analog output kartu aliran video mentah, cocok untuk tampilan real-time tetapi idealnya membutuhkan beberapa jenis kompresi jika itu harus dicatat. TV tuner maju Lebih mengkodekan sinyal ke Motion JPEG atau MPEG , meringankan beban CPU utama ini. Beberapa kartu juga memiliki input analog ( video komposit atau S-Video ) dan banyak juga menyediakan radio FM.

tuner Hybrid

Sebuah tuner hybrid memiliki satu tuner yang dapat dikonfigurasi untuk bertindak sebagai tuner analog atau digital tuner. Perpindahan antar sistem cukup mudah, tetapi tidak bisa dilakukan segera. Kartu ini beroperasi sebagai tuner digital atau analog tuner sampai ulang.

tuner Combo

Hal ini mirip dengan tuner hybrid, kecuali ada dua tuner terpisah pada kartu. Satu dapat menonton analog ketika merekam digital, atau sebaliknya. Kartu ini beroperasi sebagai tuner analog dan tuner digital secara bersamaan. Keuntungan lebih dari dua kartu terpisah biaya dan pemanfaatan slot ekspansi dalam komputer. Seperti banyak daerah di seluruh dunia mengkonversi dari analog ke siaran digital, tuner ini adalah mendapatkan popularitas.
Seperti kartu analog, Hybrid dan tuner Combo dapat memiliki chip khusus pada kartu tuner untuk melakukan pengkodean, atau meninggalkan tugas ini ke CPU. tuner card ini dengan ini 'encoding hardware' umumnya dianggap sebagai kualitas yang lebih tinggi [. rujukan? ] Kecil tuner USB stick telah menjadi lebih populer di tahun 2006 dan 2007 dan diharapkan untuk meningkatkan popularitasnya. Tuner kecil ini umumnya tidak memiliki encoding hardware karena keterbatasan ukuran dan panas.
Sementara kebanyakan TV tuner terbatas pada frekuensi radio dan video format yang digunakan di negara penjualan, banyak TV tuner yang digunakan dalam komputer menggunakan DSP , sehingga firmware upgrade sering semua yang diperlukan untuk mengubah format video yang didukung. Banyak TV tuner yang lebih baru memiliki flash memory yang cukup besar untuk terus set firmware untuk decoding yang berbeda beberapa format video, sehingga memungkinkan untuk menggunakan tuner di banyak negara tanpa harus flash firmware. Namun, sementara itu umumnya mungkin untuk flash kartu dari satu format analog ke lain karena kesamaan, umumnya tidak mungkin untuk flash kartu dari satu format digital yang lain karena perbedaan dalam logika decode diperlukan.
Banyak TV tuner bisa berfungsi sebagai radio FM , ini adalah karena ada kesamaan antara siaran televisi dan radio FM. Spektrum radio FM mendekati (atau bahkan di dalam) yang digunakan oleh VHF siaran TV terestrial. Dan banyak sistem siaran televisi seputar penggunaan audio FM dunia. Jadi mendengarkan stasiun radio FM hanyalah sebuah kasus konfigurasi hardware yang telah ada.
Mobile TV
TV tuner lampiran kartu eksternal yang tersedia untuk ponsel handset seperti iPhone , untuk menonton TV mobile , melalui stasiun TV di 1seg di Jepang ( SoftBank ), dan untuk segera untuk berbasis langganan milik- Mediaflo di Amerika Serikat ( Qualcomm ). Ada juga sebuah "konverter" untuk menonton DVB-H di Eropa dan tempat lain melalui WiFi streaming video ( PacketVideo ).

Rekaman video

Video capture card adalah kelas perangkat video capture yang dirancang untuk plug langsung ke slot ekspansi di komputer pribadi dan server. Model dari banyak produsen yang tersedia, semua sesuai dengan salah satu standar populer termasuk host bus PCI , baru PCI Express (PCIe) atau AGP interface bus.
Kartu ini biasanya mencakup satu atau lebih driver perangkat lunak untuk mengekspos kartu 'fitur, melalui berbagai sistem operasi , untuk aplikasi perangkat lunak yang memproses lebih lanjut video untuk tujuan tertentu. Sebagai kelas, kartu yang digunakan untuk menangkap baseband analog video komposit , S-Video , dan, dalam model dilengkapi dengan tuner, modulasi RF video. Beberapa kartu khusus dukungan video digital melalui standar pengiriman video digital termasuk Serial Digital Interface (SDI) dan, baru-baru ini, yang muncul HDMI standar. Model ini sering mendukung kedua definisi standar (SD) dan definisi tinggi (HD) varian.
Sementara sebagian besar PCI dan perangkat PCI-Express menangkap berdedikasi untuk tujuan itu, perangkat menangkap AGP biasanya disertakan dengan grafis diadaptasikan pada papan sebagai all-in-satu paket. Tidak seperti video editing card, kartu ini cenderung tidak memiliki dedicated hardware untuk pemrosesan video luar -ke-digital konversi analog . Kebanyakan, tetapi tidak semua, ambil kartu video juga mendukung satu atau lebih channel audio. Teknologi baru memungkinkan PCI-Express dan HD-SDI untuk diterapkan pada kartu capture video dengan biaya lebih rendah daripada sebelumnya.
Ada banyak aplikasi untuk kartu capture video termasuk mengkonversi sumber analog hidup ke dalam beberapa jenis media analog atau digital, (seperti VHS tape ke DVD ), pengarsipan, video editing, perekaman dijadwalkan (seperti DVR ), tuning televisi , atau video pengawasan. Kartu mungkin memiliki desain secara signifikan berbeda untuk masing-masing secara optimal mendukung fungsi ini.
Salah satu aplikasi yang paling populer untuk kartu capture video adalah untuk menangkap video dan audio untuk video internet live streaming. Aliran hidup juga dapat secara bersamaan diarsipkan dan diformat untuk video on demand . ambil kartu yang digunakan untuk tujuan ini biasanya dibeli, diinstal, dan dikonfigurasi dalam sistem PC host oleh penggemar atau sistem integrator. Beberapa perawatan diperlukan untuk memilih sistem host cocok untuk encoding video, khususnya HD aplikasi yang lebih dipengaruhi oleh CPU kinerja, jumlah core CPU , dan beberapa motherboard karakteristik yang sangat mempengaruhi kinerja ambil.
menangkap perangkat USB dapat lain harga murah, mudah untuk setup, dan opsi yang kompatibel. perangkat Populer termasuk Dazzle Pinnacle ($ 50-80), yang EasyCAP atau EzCap ($ 10-20), dan Hauppauge HD PVR ($ 200)

scanner / pemindai

Pemindai scanner

Pemindai atau scanner merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

Terdapat beberapa jenis pemindai bergantung pada kegunaan dan cara kerjanya, antara lain:
•pemindai gambar
•pemindai barcode
•pemindai sinar-X
•pemindai cek
•pemindai logam
•pemindai Optical Mark Reader (OMR)
•pemindai 3 Dimensi

Di antara jenis-jenis pemindai tersebut, pemindai gambar adalah yang paling sering disebut sebagai pemindai.
Seperti halnya pada pemindai OMR, pemindai gambar juga dapat digunakan sebagai pemindai Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan perangkat lunak dengan teknologi Digital Mark Reader (DMR).

Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, pemindai gambar terdiri atas 2 jenis, yaitu:
1.Flatbed
Pada pemindai gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca pemindai, kemudian lampu dan sensor pemindai akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.

2.Automatic Document Feeder (ADF)
Pada pemindai gambar Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik pemindai dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu pemindai, sensor pemindai bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.
Keunggulan pemindai Automatic Document Feeder (ADF) adalah:

okecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar per jam
odapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang bersamaan
odengan imprinter, pemindai dapat memberikan tanda pada lembaran yang telah dipindai
osangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak berteknologi Digital Mark Reader serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen

speaker

Pengeras suara

Pengeras suara Inggris loud speaker atau speaker saja) adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan deck dan pengeras suara kelas atas, tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem pada speaker adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat kita dengar. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut. Selain itu juga akan dibahas mengapa speaker dirancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya. Speaker adalah sebuah teknologi menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita. Namun disamping semua itu, sebenarnya speaker hanyalah sebuah alat yang sangat sederhana.

Membuat suara

Pada dasarnya, speaker merupakan mesin penterjemah akhir, kebalikan dari mikrofon. Speaker membawa sinyal elektrik dan mengubahnya kembali menjadi getaran untuk membuat gelombang suara. Speaker menghasilkan getaran yang hampir sama dengan yang dihasilkan oleh mikrofon yang direkam dan dikodekan pada tape, CD, LP, dan lain-lain. Speaker tradisional melakukan proses ini dengan menggunakan satu drivers atau lebih.

Diafragma

Sebuah drivers memproduksi gelombang suara dengan menggetarkan cone yang fleksibel atau diafragma secara cepat. Cone tersebut biasanya terbuat dari kertas, plastik ataupun logam, yang berdempetan pada ujung yang lebih besar pada suspension. Suspension atau surround, merupakan ratusan material yang fleksibel yang menggerakkan cone, dan mengenai bingkai logam pada drivers, disebut basket.
Ujung panah pada cone berfungsi menghubungkan cone ke voice coil. Coil tersebut didempetkan pada basket oleh spider, yang merupakan sebuah cincin dari material yang fleksibel. Spider menahan coil pada posisinya sambil mendorongnya bergerak kembali dengan bebas dan begitu seterusnya.

Magnet

Proses spaker coil bergerak, kembali ke posisi semula dan seterusnya adalah sebagai berikut. Elektromagnet diposisikan pada suatu bidang magnet yang konstan yang diciptakan oleh sebuah magnet permanen. Kedua magnet tersebut, yaitu elektromagnet dan magnet permanen, berinteraksi satu sama lain seperti dua magnet yang berhubungan pada umumnya. Kutub positif pada elektromagnet tertarik oleh kutub negatif pada bidang magnet permanen dan kutub negatif pada elektromagnet ditolak oleh kutub negatif magnet permanen. Ketika orientasi kutub elektromagnet bertukar, bertukar pula arah dan gaya tarik-menariknya. Dengan cara seperti ini, arus bolak-balik secara konstan membalikkan dorongan magnet antara voice coil dan magnet permanen. Proses inilah yang mendorong coil kembali dan begitu seterusnya dengan cepat. Sewaktu coil bergerak, ia mendorong dan menarik speaker cone. Hal tersebut menggetarkan udara di depan speaker, membentuk gelombang suara. Sinyal audio elektrik juga dapat diinterpretasikan sebagai sebuah gelombang. Frekuensi dan amplitudo dari gelombang ini, yang merepresentasikan gelombang suara asli, mendikte tingkat dan jarak pergerakan voice coil. Sehingga dapat disimpulkan bahwa frekuensi dan amplitudo dari gelombag suara diproduksi oleh diafragma.
Speaker tradisional memproduksi suara dengan cara mendorong dan menarik elektromagnet yang menyerang cone yang fleksibel. Walaupun drivers pada dasarnya memiliki konsep yang sama, namun ukuran dan kekuatan yang dimiliki berbeda-beda. Tipe-tipe dasar drivers antara lain : woofers, tweeters, dan midrange.
Woofers merupakan tipe drivers yang paling besar yang dirancang untuk menghasilkan suara dengan frekuensi rendah. Tweeters memiliki unit-unit yang lebih kecil dan dirancang untuk menghasilkan frekuensi paling tinggi. Sedangkan midrange, mampu menghasilan jarak frekuensi yang berada di tengah-tengah spektrum suara.
Untuk dapat membuat gelombang frekuansi yang lebih tinggi, diafragma drivers harus bergetar lebih cepat. Hal ini lebih sulit dilakukan dengan cone yang berukuran besar karena berarti, massa cone tersebut juga besar. Oleh sebab itu, sulit mendapatkan drivers yang kecil untuk dapat bergetar cukup lambat agar dapat menghasilkan suara dengan frekuensi sangat rendah.

Sistem crossover pada speaker elektronik

Pada prakteknya, speaker elektronik memerlukan pemisahan antara woofer dengan daerah lain secara elektronik, yaitu dengan cross over aktif. Dalam hal ini, terdapat beberapa sistem cross over, yaitu sistem dua jalur dan tiga jalur.sistem seri dan paralel.

Sistem dua jalur

Penggunaan speaker elektronik yang paling sederhana adalah sistem 2 jalur atau sistem bi-amp, yang bisa memberi hasil yang memuaskan. Keuntungannya adalah pengecilan distorsi TIM (transient intermodulation) dan bisa menyetel bass dan treble secara mandiri. Frekuensi peralihan dipilih 340 Hz (di atas frekuensi resonansi asli). Hal ini dirancang untuk penggunaan kotak speaker kecil. Bila anda menggunakan sub woofer untuk kanalbawah ini, dan harus diubah dibawah 100 Hz. Frekuensi resonansi untuk kotak lebih besar 20-40 Hz, kotak sedang 40-80 Hz, kotak kecil 80 Hz keatas.
Daya power amplifier B1 sebagai pengendali woofer dipilih sesuai kebutuhan kita. Daya woofer SP1 perlu dilebihkna dari daya amplifier, karena sistem umpan balik akan banyak menambah tenaga yang diberikan ke woofer. Untuk ruang biasa daya amplifier yang cocok 20-30 Watt. Hendaknya dipilih power amplifier yang cocok untuk penggunaan nada rendah dan mempunyai faktor damping besar. Speaker SP2 bisa menggunakan tweeter saja (tweeter dan super tweeter, mid range dan tweeter ataupun mid range dan super tweeter) dengan pemisahan konvrnsional menggunakan crossoveraktif, yang akan memberikan hasil memuaskan. Pilihan lain untuk sistem bi-amp adalah penggunaan speaker lengkap dalam kotak kecil sebagai SP2 dan sub woofer untuk kanal bawah yang terpisah.

Sistem tiga jalur

Sistem ini mirip dengan sistem 2 jalur, namun di sini nada tengah dipisahkan dengan band pass filter. Ada beberapa kemungkinan yang bisa diambil mengenai speaker-speaker. Pilihan pertama: SP1 woofer, SP2 mid range, SP3 tweeter. Pilihan kedua : SP1 sub woofer, SP2 mid range, SP3 super tweeter (frekuensi peralihan di bawah 100 Hz dan di atas 15 KHz). Pilihan ketiga : SP1 sub woofer, SP2 speaker lengkap (woofer, mid range, tweeter dengan cross over pasif), SP3 super tweeter. Persyaratan power amplifier sama dengan sistem 2 jalur. Penyetelan P3 dilakukan melalui pendengaran pada sistem yang sudah terpasang. Mula-mula dari sisi ground diputar perlahan sampai dengungan yang menyatakan adannya osilasi. Penyetelan optimum didapat dengan memutarnya mundur sedikit dari posisi mula-mula

HEADPHONE

Headphone

Headphone adalah sepasang kecil pengeras suara , atau kurang umum pembicara tunggal, dengan cara menahan mereka dekat dengan pengguna telinga dan sarana untuk menghubungkan mereka ke sumber sinyal seperti audio amplifier , radio , CD player atau portable media player . Mereka juga dikenal sebagai stereophones, headset atau, bahasa sehari kaleng. The-telinga versi dalam dikenal sebagai earphone atau earbuds. Dalam konteks telekomunikasi , istilah headset digunakan untuk menjelaskan kombinasi headphone dan mikrofon yang digunakan untuk komunikasi dua arah , misalnya dengan telepon .
Sejarah headphone
Lubang suara telepon seperti yang digambarkan di sebelah kanan adalah umum pada awal abad ke-20. Headphone berasal dari lubang suara, dan satu-satunya cara untuk mendengarkan sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan. Set benar-benar sukses pertama dikembangkan oleh Nathaniel Baldwin , yang membuat mereka dengan tangan di dapur dan menjual mereka ke Angkatan Laut Amerika Serikat . [2] [3]
Sangat headphone sensitif seperti yang diproduksi oleh Brandes sekitar 1919 yang umumnya digunakan untuk pekerjaan radio awal. Headphone ini awal yang digunakan bergerak driver besi , baik dinamo berakhir atau seimbang tunggal. Persyaratan untuk sensitivitas tinggi berarti tidak ada redaman digunakan, sehingga kualitas suara yang kasar. Mereka juga memiliki kenyamanan yang sangat buruk dibandingkan dengan jenis modern, biasanya memiliki padding ada dan terlalu sering memiliki kekuatan klem yang berlebihan ke kepala. Mereka impedansi bervariasi, headphone yang digunakan dalam telegraf dan telepon kerja memiliki impedansi 75 ohm. Yang digunakan dengan radio nirkabel awal harus lebih sensitif dan dibuat dengan ternyata lebih dari kawat halus; impedansi dari 1.000 sampai 2.000 ohm adalah umum, yang cocok baik set kristal dan penerima triode.
Pada awal powered radio, headphone merupakan bagian dari tabung vakum 's piring sirkuit dan memiliki tegangan berbahaya di atasnya. Itu biasanya terhubung langsung ke terminal positif baterai tegangan tinggi, dan terminal baterai lainnya adalah aman dibumikan. Penggunaan sambungan listrik telanjang berarti bahwa pengguna bisa terkejut jika mereka menyentuh sambungan headphone telanjang ketika menyesuaikan headset tidak nyaman

Aplikasi

Headphone dapat digunakan baik dengan peralatan tetap seperti CD atau DVD player , home theater , komputer pribadi dan dengan perangkat portabel (misalnya digital audio player / mp3 player , ponsel , dll). Cordless headphone tidak terhubung melalui kawat, menerima sebuah radio atau inframerah sinyal dikodekan menggunakan link transmisi radio atau inframerah, seperti FM , Bluetooth atau Wi-Fi . Ini adalah benar-benar membuat sistem penerima bertenaga yang headphone hanya komponen, jenis cordless headphone yang digunakan lebih sering dengan peristiwa seperti disko Diam atau Diam Gig .
Dalam profesional audio headphone sektor yang digunakan dalam situasi hidup dengan disc jockey dengan DJ mixer dan insinyur suara untuk pemantauan sumber sinyal. Dalam studio radio, DJ menggunakan sepasang headphone ketika berbicara dengan mikrofon sementara speaker dimatikan, untuk menghilangkan umpan balik akustik dan memonitor suara mereka sendiri. Dalam studio rekaman, musisi dan penyanyi menggunakan headphone untuk bermain bersama untuk sebuah lagu backing. Dalam, sinyal militer audio dari banyak varietas dimonitor menggunakan headphone.
Wired headphone dihubungkan ke sumber audio. Sambungan standar umum kebanyakan 6.35mm (¼ ") dan 3.5mm TRS konektor dan soket . Konektor 6.35mm lebih besar cenderung dapat ditemukan di rumah lokasi tetap atau peralatan profesional. Sony memperkenalkan, kecil dan sekarang banyak digunakan, 3.5mm "minijack" konektor stereo pada tahun 1979, mengadaptasi tua monophonic konektor 3,5 mm untuk digunakan dengan perusahaan Walkman portabel tape player stereo dan konektor 3.5mm tetap konektor umum untuk aplikasi portable hari ini. Adapter tersedia untuk mengkonversi antara 6.35mm dan 3.5mm perangkat.

Jenis headphone

Kebutuhan khusus dari pendengar menentukan pilihan headphone. Kebutuhan untuk portabilitas menunjukkan lebih kecil, headphone ringan tetapi dapat berarti kompromi dalam kesetiaan. Headphone digunakan sebagai bagian dari rumah hi-fi tidak memiliki kendala desain yang sama dan bisa lebih besar dan lebih berat. Secara umum, headphone faktor bentuk dapat dibagi menjadi empat kategori terpisah: circumaural, supra-aural, earbud, dan di-telinga.
circumaural
headphone circumaural (kadang-kadang disebut headphone ukuran penuh) memiliki atau ellipsoid earpads edaran yang mencakup telinga. Karena headphone ini benar-benar mengelilingi telinga, headphone circumaural dapat dirancang untuk sepenuhnya menutup terhadap kepala untuk meredam suara yang eksternal mengganggu. Karena ukuran mereka, headphone circumaural bisa berat dan ada beberapa set yang beratnya lebih dari 500 gram (1 lb). Baik desain headband dan earpad diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan akibat berat badan.

Supra-aural

Supra-aural headphone memiliki bantalan yang duduk di atas telinga, bukannya di sekitar mereka. Mereka umumnya dibundel dengan stereo pribadi selama tahun 1980. Jenis headphone umumnya cenderung lebih kecil dan lebih ringan daripada headphone circumaural, sehingga redaman kurang dari kebisingan luar.
ear headphone Dalam

earbud

Earbud atau earphone yang headphone dari ukuran yang lebih kecil yang ditempatkan langsung di luar saluran telinga, tapi tanpa sepenuhnya menyelimuti itu. Mereka umumnya murah dan disukai untuk portabilitas dan kenyamanan. Karena ketidakmampuan mereka untuk memberikan isolasi mereka sering digunakan pada volume yang lebih tinggi dalam rangka untuk meredam kebisingan dari pengguna sekitarnya, yang meningkatkan risiko pendengaran-rugi . [4] Selama tahun 1990-an dan 2000-an, earbud menjadi jenis umum dibundel dengan perangkat musik pribadi.

telinga Monitor Dalam

Dalam telinga monitor-(juga dikenal sebagai IEMs atau canalphones) adalah earphone yang dimasukkan langsung ke dalam saluran telinga. Canalphones menawarkan portabilitas serupa dengan earbuds, dan juga bertindak sebagai penutup telinga untuk memblokir kebisingan lingkungan. Ada dua jenis utama IEMs: universal dan kustom. canalphones Universal menyediakan satu atau lebih lengan ukuran saham (s) agar sesuai dengan berbagai saluran telinga, yang biasanya terbuat dari silikon karet, elastomer , atau busa, untuk isolasi kebisingan. Custom canalphones dipasang ke telinga setiap individu. Benda tuang dari saluran telinga dibuat dan produsen menggunakan tuang untuk membuat karet silikon custom-cetakan atau plugs elastomer yang memberikan kenyamanan dan isolasi tambah kebisingan. Karena tenaga kerja individual yang terlibat, IEMs kustom lebih mahal daripada IEMs universal dan nilai jual kembali sangat rendah karena mereka tidak mungkin untuk menyesuaikan orang lain.

Headset

Headset adalah headphone dikombinasikan dengan mikrofon . Headset menyediakan fungsionalitas setara dengan handset telepon dengan operasi hands-free. Yang paling umum digunakan untuk headset berada dalam konsol atau game PC, pusat Call dan pekerjaan telepon-intensif lain dan juga untuk penggunaan pribadi di komputer untuk memfasilitasi percakapan simultan nyaman dan mengetik. Headset dibuat dengan baik lubang suara tunggal (mono) atau lubang suara-ganda (mono untuk kedua telinga atau stereo). Lengan mikrofon headset dapat berupa jenis mikrofon eksternal di mana mikrofon diadakan di depan mulut pengguna, atau jenis voicetube mana mikrofon ditempatkan di lubang suara dan pidato mencapai itu dengan menggunakan tabung hampa.

headset Telepon

Telepon headset terhubung ke fixed-line sistem telepon. Sebuah headset berfungsi telepon dengan mengganti handset dari telepon. headset telepon Semua datang dalam sebuah standar 4P4C biasa disebut RJ-9 konektor.
Untuk model lama dari telepon, mikrofon headset impedansi yang berbeda dari handset asli, membutuhkan penguat telepon untuk headset telepon. Sebuah penguat telepon menyediakan dasar pin-alignment mirip dengan adaptor headset telepon, tetapi juga menawarkan suara amplifikasi untuk mikrofon serta pengeras suara. Kebanyakan model amplifier telepon menawarkan kontrol volume untuk loudspeaker serta mikrofon, fungsi mute dan headset / switching handset. amplifier telepon yang didukung oleh baterai atau adaptor AC .
Teknologi headphone
Headphone Transduser mempekerjakan satu atau lebih dari beberapa metode reproduksi suara.
Pindah kumparan-
Para pengemudi coil bergerak , lebih sering disebut sebagai "dinamis" driver adalah jenis yang paling umum digunakan di headphone. Prinsip operasi terdiri dari stasioner magnetik elemen ditempelkan di kerangka headphone yang menetapkan sebuah medan magnet statis. Unsur magnet di headphone biasanya terdiri dari ferit atau neodymium . Diafragma, biasanya dibuat dari ringan, kekakuan tinggi untuk selulosa perbandingan massa, polimer, bahan karbon, atau sejenisnya, yang melekat pada sebuah kumparan kawat (voice coil) yang tenggelam dalam medan magnet statis magnet stasioner. Diafragma ini digerakkan oleh terpasang kumparan suara , ketika arus audio dilewatkan melalui kumparan. Medan magnet bolak dihasilkan oleh arus melalui kumparan bereaksi terhadap medan magnet statis pada gilirannya, menyebabkan kumparan dan diafragma melekat untuk memindahkan udara, sehingga menghasilkan suara . Modern bergerak-kumparan driver headphone berasal dari mikrofon teknologi kapsul.
elektrostatik
driver elektrostatik terdiri dari elektrik, diisi diafragma tipis, biasanya dilapisi PET film membran, tergantung di antara dua pelat logam berlubang (elektroda). Sinyal suara listrik diterapkan pada elektroda menciptakan medan listrik, tergantung pada polaritas bidang ini, diafragma diambil terhadap salah satu piring. Udara dipaksa melalui perforasi, dikombinasikan dengan sinyal listrik yang terus berubah mengemudi membran, gelombang suara dihasilkan. headphone elektrostatik biasanya lebih mahal daripada yang bergerak-coil, dan relatif jarang. Selain itu, amplifier khusus diperlukan untuk memperkuat sinyal untuk membelokkan membran, yang sering membutuhkan potensi listrik di kisaran 100 sampai 1000 volt.
Karena membran diafragma yang sangat tipis dan ringan, sering hanya beberapa mikrometer tebal, dan tidak adanya lengkap bergerak logam, respon frekuensi headphone elektrostatik biasanya memanjang di atas batas terdengar sekitar 20 kHz. Respon frekuensi tinggi berarti bahwa tingkat midband rendah distorsi dipertahankan ke puncak pita frekuensi terdengar, yang umumnya tidak terjadi dengan bergerak driver coil. Juga, respon frekuensi peakiness teratur terlihat di wilayah frekuensi tinggi dengan bergerak driver kumparan tidak ada. Hasilnya adalah kualitas suara jauh lebih baik, jika dirancang dengan benar.
headphone elektrostatik yang didukung oleh apa-apa dari 100V ke lebih 1kV, dan berada dalam kedekatan dengan kepala pengguna. Metode yang biasa membuat ini aman adalah untuk membatasi kesalahan yang mungkin saat ini untuk nilai yang rendah dan aman dengan resistor.

electret

Sebuah fungsi driver electret sepanjang berarti elektromekanis yang sama sebagai sopir elektrostatik. Namun pengemudi electret memiliki muatan permanen dibangun ke dalamnya, sedangkan elektrostatika memiliki muatan diterapkan sopir oleh generator eksternal. headphone electret, seperti elektrostatika relatif jarang. Mereka juga biasanya lebih murah dan lebih rendah pada kemampuan teknis dan kesetiaan dari elektrostatika.

angker Balanced

Sebuah dinamo seimbang adalah desain transduser suara terutama ditujukan untuk meningkatkan efisiensi listrik elemen dengan menghilangkan stres pada karakteristik diafragma banyak sistem transduser yang bersifat magnetis. Seperti yang ditunjukkan secara skematis pada diagram pertama, terdiri dari jangkar magnet bergerak yang diputar sehingga dapat bergerak dalam bidang magnet permanen. Ketika tepatnya berpusat di medan magnet tidak ada gaya total pada dinamo, maka 'seimbang.' Istilah Seperti diilustrasikan dalam diagram kedua, ketika ada arus listrik melalui koil, itu magnetizes cara satu dinamo atau yang lain, menyebabkan ia memutar sedikit salah satu cara atau yang lain tentang poros sehingga memindahkan diafragma untuk membuat suara .
Desain mekanis tidak stabil, sebuah ketidakseimbangan sedikit membuat tongkat dinamo ke salah satu kutub magnet. Sebuah gaya pemulih cukup kaku diperlukan untuk menahan dinamo dalam posisi 'balance'. Meskipun hal ini mengurangi efisiensi, desain ini masih dapat menghasilkan suara lebih banyak dari daya yang lebih kecil dari yang lain. Dipopulerkan di tahun 1920 sebagai Baldwin headphone radio Diafragma Mica, transduser dinamo seimbang yang disempurnakan selama Perang Dunia II untuk digunakan dalam militer 'suara-powered' telepon . Beberapa mengagumkan efisiensi dicapai konversi elektro-akustik di% 20% menjadi 40 jangkauan untuk sinyal suara bandwidth yang sempit.
Hari ini mereka biasanya hanya digunakan pada canalphones dan alat bantu dengar karena ukurannya kecil dan impedansi rendah. Mereka umumnya terbatas pada ekstrem spektrum pendengaran (misalnya di bawah 20Hz dan di atas 16kHz) dan memerlukan segel lebih dari jenis lain driver untuk menyampaikan potensi mereka sepenuhnya. Model Tinggi akhir dapat menggunakan driver angker ganda, membagi rentang frekuensi antara mereka menggunakan jaringan crossover pasif. Beberapa menggabungkan driver angker dengan sopir bergerak-kumparan kecil untuk output bass meningkat.
Lain Transducer Technologies
Transducer teknologi yang digunakan lebih jarang untuk headphone termasuk Heil Air Motion Transformer (AMT), film piezoelectric; Ribbon planar magnetik; Magnetostriktif dan Plasma-ionisasi . Yang pertama Heil AMT headphone dipasarkan oleh ESS Laboratories dan pada dasarnya ESS AMT tweeter dari salah satu perusahaan speaker yang sedang didorong di lengkap. Sejak pergantian abad, hanya Precide Swiss telah diproduksi sebuah headphone AMT. Headphone piezoelektrik film pertama kali dikembangkan oleh Pioneer, dua mereka model baik digunakan selembar datar dari film yang membatasi volume maksimum udara yang dapat dipindahkan. Saat ini TakeT menghasilkan film piezoelektrik headphone yang tidak berbentuk tidak seperti transduser AMT tapi yang seperti menggunakan driver Precide untuk headphone mereka, memiliki variasi dalam ukuran lipatan transduser atas diafragma. Ini tambahan menggabungkan desain dua arah dengan dimasukkannya suatu tweeter khusus / panel supertweeter. Bentuk dilipat diafragma memungkinkan sebuah transduser dengan luas permukaan yang lebih besar agar muat ke dalam batasan ruang yang lebih kecil. Hal ini meningkatkan total volume udara yang dapat dipindahkan pada setiap pesiar dari transduser yang diberikan bahwa kawasan radiasi.
Magnetostriktif headphone, kadang-kadang dijual di bawah label "Bonephones" adalah headphone yang bekerja melalui transmisi getaran terhadap sisi kepala, transmisi suara melalui konduksi tulang . Hal ini sangat berguna dalam situasi di mana telinga harus dibiarkan terhalang atau bila digunakan oleh orang-orang yang tuli untuk alasan yang tidak mempengaruhi aparat saraf pendengaran . headphone Magnetostriktif meskipun, memiliki keterbatasan yang lebih besar untuk kesetiaan mereka daripada headphone konvensional yang bekerja melalui kerja normal telinga. Selain itu, ada juga salah satu upaya untuk pasar headphone plasma-ionisasi pada awal 1990-an oleh sebuah perusahaan Perancis bernama Plasmasonics. Hal ini diyakini bahwa contoh tidak ada berfungsi tersisa.

Manfaat dan keterbatasan headphone

Headphone dapat digunakan untuk mencegah orang lain dari mendengar suara baik untuk privasi atau untuk mencegah gangguan, seperti dalam mendengarkan publik perpustakaan . Mereka juga dapat memberikan tingkat kesetiaan suara pengeras suara lebih besar dari biaya yang sama. Sebagian dari kemampuan mereka untuk melakukannya berasal dari tidak adanya kebutuhan untuk melakukan perawatan ruang koreksi dengan headphone. headphone berkualitas tinggi dapat memiliki respon rendah frekuensi sangat datar turun hingga 20 Hz dalam 3dB. Namun, angka respon distorsi frekuensi pengenal tidak memberikan informasi tentang apa karakter suara direproduksi pada frekuensi yang akan. Dipasarkan klaim kHz 'seperti' sebagai respon frekuensi 4 Hz sampai 20 biasanya overstatements;'s respon pada produk frekuensi yang lebih rendah dari 20 Hz biasanya sangat kecil. yang
Headphone juga berguna untuk video game yang menggunakan algoritma pemrosesan 3D audio posisional, karena memungkinkan pemain untuk menilai lebih baik posisi layar suara sumber-off (seperti jejak lawan).
Meskipun headphone modern telah sangat banyak dijual dan digunakan untuk mendengarkan rekaman stereo sejak rilis dari Walkman , ada perdebatan subjektif mengenai sifat reproduksi mereka suara stereo. rekaman Stereo mewakili posisi horisontal isyarat kedalaman (pemisahan stereo) melalui perbedaan volume suara yang bersangkutan antara dua saluran. Ketika suara dari speaker campuran dua, mereka menciptakan fase perbedaan otak menggunakan untuk mencari arah. Melalui headphone kebanyakan, karena saluran kanan dan kiri tidak menggabungkan dengan cara ini, ilusi pusat siluman dapat dirasakan sebagai hilang. Hard menyorot suara juga akan hanya didengar hanya di satu telinga bukan dari satu sisi. Poin terakhir ini penting bagi stereo rekaman sebelumnya yang kurang canggih, kadang bermain melalui satu saluran vokal dan musik melalui yang lain.
Binaural rekaman menggunakan teknik mikrofon yang berbeda untuk mengkodekan arah secara langsung sebagai fasa, dengan sangat sedikit perbedaan amplitudo (kecuali di atas 2 kHz) sering menggunakan kepala dummy , dan dapat menghasilkan seperti spasial kesan kehidupan mengejutkan melalui headphone. rekaman Komersial hampir selalu menggunakan rekaman stereo, karena secara historis mendengarkan loudspeaker telah lebih populer daripada mendengarkan headphone. Hal ini dimungkinkan untuk mengubah efek suara stereo spasial pada headphone untuk lebih mendekati presentasi reproduksi pembicara dengan menggunakan frekuensi yang bergantung pada umpan silang antara saluran, atau-lebih baik lagi-a Blumlein shuffler (EQ custom digunakan untuk menambah rendah -frekuensi isi informasi perbedaan sinyal stereo). Sedangkan cross-pakan dapat mengurangi ketidaknyamanan yang beberapa pendengar menemukan dengan stereo menyorot keras di headphone, penggunaan kepala dummy selama perekaman, dengan buatan pinnae , dapat memungkinkan pada pemutaran melalui headphone, pengalaman mendengar kinerja seolah-olah terletak di posisi kepala dummy. Suara optimal dicapai ketika kepala dummy cocok kepala pendengar, karena pinnae sangat bervariasi dalam ukuran dan bentuk.
Headset dapat memiliki ergonomis manfaat lebih dari handset telepon tradisional. Mereka memungkinkan call center agen untuk menjaga lebih baik postur tubuh daripada memiringkan kepala mereka ke samping untuk cradle handset .
Seiring waktu, kabel headphone gagal. Skenario umum di mana penggantian mungkin perlu dibeli adalah kerusakan fisik dari kabel tembaga pada titik-titik persimpangan pada kabel (di jack TRS, atau pada titik koneksi ke headphone). Berikut ini adalah situs gerak terbesar dan paling stres pada kabel dan sehingga mereka biasanya dilengkapi dengan beberapa jenis bantuan strain.

Bahaya dan solusi volume

Menggunakan headphone yang cukup tinggi dengan volume tingkat dapat menyebabkan sementara atau permanen gangguan pendengaran atau tuli karena efek yang disebut "mask tersebut." Volume headphone harus bersaing dengan kebisingan latar belakang , terutama di tempat-tempat keras berlebihan seperti stasiun kereta bawah tanah, pesawat terbang, dan kerumunan besar. Ini mengarah pada hilangnya [nyeri normal rujukan? ] terkait dengan tingkat yang lebih tinggi volume. periode Extended dari volume keras berlebihan dapat merusak; [7] [8] Namun, seorang pakar mendengar menemukan bahwa "kurang dari 5% dari pengguna pilih tingkat volume dan mendengarkan cukup sering untuk risiko gangguan pendengaran." [9] Beberapa produsen perangkat musik portabel telah berusaha untuk memperkenalkan sirkuit keselamatan yang terbatas volume produksi atau memperingatkan pengguna ketika volume berbahaya telah digunakan, namun konsep ini telah ditolak oleh sebagian besar masyarakat membeli, yang berpihak pada pilihan pribadi volume tinggi. Koss memperkenalkan " Safelite "garis pemutar kaset pada tahun 1983 dengan seperti lampu peringatan. Jalur ini dihentikan dua tahun kemudian untuk kurangnya minat.
Pemerintah Perancis telah menerapkan [10] batas pada semua pemain musik yang dijual di negara tersebut: [10] mereka tidak harus mampu memproduksi lebih dari 100dBA (ambang batas pendengaran kerusakan selama mendengarkan diperpanjang adalah 80dB, dan ambang nyeri , atau secara teoritis gangguan pendengaran segera, adalah 130dB). Banyak pengguna mengutuk ini sebagai pelanggaran pribadi pada pilihan dan gunakan opsi-pihak ketiga untuk membalikkan volume batas ditempatkan pada perangkat tersebut. Namun, pengguna lain menyambut sikap pro-kesehatan pemerintah.
Canalphones dan monitor di-telinga telah digambarkan sebagai kurang cenderung menyebabkan kecacatan pendengaran di lingkungan bising karena banyak dari kebisingan eksternal secara fisik diblokir keluar karena sifat isolasi suara segel in-ear. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan pada tingkat volume yang lebih rendah. Namun, pengguna masih dapat memilih untuk mendengarkan pada tinggi tingkat berbahaya.
Risiko lainnya muncul dari kesadaran penurunan eksternal-suara beberapa yurisdiksi mengatur penggunaan headphone sambil mengemudi kendaraan, biasanya membatasi penggunaan earphone ke telinga tunggal. Isolasi lengkap dari kebisingan luar bisa menjadi bahaya dalam dirinya sendiri, sebagai pengguna bisa melewatkan suara klakson mobil dan berjalan ke lalu lintas dengan konsekuensi yang fatal. Kehilangan kesadaran situasional juga dapat menyebabkan pencurian, khususnya di lingkungan sibuk di mana menabrak orang lain akan diabaikan, misalnya, stasiun kereta bawah tanah.
Sepeda motor dan lain-olahraga daya pengendara manfaat dengan memakai penutup telinga busa ketika hukum untuk melakukannya untuk menghindari jalan yang berlebihan, mesin dan angin ribut, namun kemampuan mereka untuk mendengar pidato musik dan interkom sebenarnya ditingkatkan ketika melakukan itu. Telinga biasanya dapat mendeteksi 1000000000 dari suasana tingkat tekanan suara, maka itu adalah sangat sensitif. Pada sangat tinggi tingkat tekanan suara, otot di telinga mengencangkan membran timpani dan ini menyebabkan perubahan kecil di geometri ossicles dan sanggurdi yang hasil dalam transfer lebih rendah dari kekuatan ke jendela oval dari telinga bagian dalam.Sejak penutup telinga mengurangi kebisingan dalam saluran pendengaran, mekanisme pelindung ini kurang kemungkinan untuk memicu, dan sensitivitas telinga penuh dipertahankan. Dengan sensitivitas normal, pendengar memiliki pendengaran yang sangat baik saat mendengarkan helm speaker melalui penyumbat telinga. Teknik ini memungkinkan mendengar pidato yang sangat baik, musik dan suara eksternal yang paling di tingkat yang berkelanjutan tanpa mendengar kerusakan.
Mendengarkan musik melalui headphone selama berolahraga bisa berbahaya. Darah mungkin dialihkan dari telinga ke kaki meninggalkan telinga bagian dalam lebih rentan terhadap kerusakan dari suara keras. Sebuah studi Finlandia merekomendasikan bahwa exercisers harus mengatur volume headphone mereka untuk setengah dari kenyaringan normal mereka dan hanya menggunakan mereka untuk setengah jam

Firewire card

FireWire Card
FireWire Card adalah teknologi serial kecepatan tinggi untuk menghubungkan periferal ke sebuah komputer. Awalnya dikembangkan oleh
Apple. FireWire sekarang sudah menjadi sebuah standar industri resmi (IEEE 1394), sehingga di luar Macintosh pun dapat menggunakannya. Jika Anda membeli komputer Multimedia, yakinkan bahwa komputer tersebut mempunyai port FireWire sehingga Anda dapat menghubungkan periferal Multimedia misalnya DVD, Camcorder, Hard Disk dan Printer. Kalau Anda mau menggunakan beberapa perangkat berkonektor FireWire sekaligus secara bersamaan, maka anda akan mengalami kerepotan karena PC, Notebook, atau Mac hanya menyertakan satu atau dua port. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakn Belkin FireWire hub yang menjadikan komputer anda mempunyai tambahan enam port FireWire. FireWire Card dapat dipasang di slot PCI

card reader

Pembaca kartu card reader

Sebuah pembaca kartu adalah input data perangkat yang membaca data dari media penyimpanan berbentuk kartu. Secara historis, kertas kartu

menekan pembaca kartu yang digunakan selama beberapa dekade pertama industri komputer untuk menyimpan informasi dan menulis program untuk sistem komputer. pembaca kartu yang lebih modern adalah perangkat elektronik yang menggunakan kartu plastik dicetak dengan barcode, strip magnetik, chip komputer atau fasilitas lain untuk menyimpan data.
Sebuah pembaca kartu memori adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk komunikasi dengan smart card atau flash kartu memori . Seorang pembaca kartu nama adalah alat scan digunakan untuk memindai dan elektronik menyimpan cetak kartu nama . Sebuah pembaca kartu magnetik adalah alat yang digunakan untuk memindai kartu berisi data strip magnetik, seperti kartu kredit

bluetooth

BLOETOOTH

Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

Asal nama bluetooth dan lambangnya

Nama "bluetooth" berasal dari nama raja di akhir abad sepuluh, Harald Blatand yang di Inggris juga dijuluki Harald Bluetooth kemungkinan karena memang giginya berwarna gelap. Ia adalah raja Denmark yang telah berhasil menyatukan suku-suku yang sebelumnya berperang, termasuk suku dari wilayah yang sekarang bernama Norwegia dan Swedia. Bahkan wilayah Scania di Swedia, tempat teknologi bluetooth ini ditemukan juga termasuk daerah kekuasaannya. Kemampuan raja itu sebagai pemersatu juga mirip dengan teknologi bluetooth sekarang yang bisa menghubungkan berbagai peralatan seperti komputer personal dan telepon genggam.[1]
Sedangkan logo bluetooth berasal dari penyatuan dua huruf Jerman yang analog dengan huruf H dan B (singkatan dari Harald Bluetooth), yaitu (Hagall) dan (Blatand) yang kemudian digabungkan.

Sejarah bluetooth

Awal mula dari Bluetooth adalah sebagai teknologi komunikasi wireless (tanpa kabel) yang beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 GHz unlicensed ISM (Industrial, Scientific and Medical) dengan menggunakan sebuah frequency hopping tranceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real-time antara host-host bluetooth dengan jarak jangkauan layanan yang terbatas (sekitar 10 meter). Bluetooth berupa card yang menggunakan frekuensi radio standar IEEE 802.11 dengan jarak layanan yang terbatas dan kemampuan data transfer lebih rendah dari card untuk Wireless Local Area Network (WLAN).
Pembentukan Bluetooth dipromotori oleh 5 perusahaan besar Ericsson, IBM, Intel, Nokia dan Toshiba membentuk sebuah Special Interest Group (SIG) yang meluncurkan proyek ini. Pada bulan Juli 1999 dokumen spesifikasi bluetooth versi 1.0 mulai diluncurkan. Pada bulan Desember 1999 dimulai lagi pembuatan dokumen spesifikasi bluetooth versi 2.0 dengan tambahan 4 promotor baru yaitu 3Com, Lucent Technologies, Microsoft dan Motorola. Saat ini, lebih dari 1800 perusahaan di berbagai bidang bergabung dalam sebuah konsorsium sebagai adopter teknologi bluetooth. Walaupun standar Bluetooth SIG saat ini ‘dimiliki’ oleh grup promotor tetapi ia diharapkan akan menjadi sebuah standar IEEE (802.15)
Time Slot
Kanal dibagi dalam time slot-time slot, masing-masing mempunyai panjang 625 ms. Time slot-time slot tersebut dinomori sesuai dengan clock bluetooth dari master piconet. Batas penomoran slot dari 0 sampai dengan 227-1 dengan panjang siklus 227. Di dalam time slot, master dan slave dapat mentransmisikan paket-paket dengan menggunakan skema TDD (Time-Division Duplex). Master hanya memulai melakukan pentransmisiannya pada nomor time slot genap saja sedangkan slave hanya memulai melakukan pentransmisiannya pada nomor time slot ganjil saja.
Protokol
Maksud dari protokol adalah untuk mempercepat pengembangan aplikasi-aplikasi dengan menggunakan teknologi Bluetooth. Layer-layer bawah pada stack protokol bluetooth dirancang untuk menyediakan suatu dasar yang fleksibel untuk pengembangan protokol yang lebih lanjut. Protokol-protokol yang lain seperti RFCOMM diambil dari protokol-protokol yang sudah ada dan protokol ini hanya dimodifikasi sedikit untuk disesuaikan dengan kepentingan bluetooth. Stack protokol bluetooth dapat dibagi ke dalam empat layer sesuai dengan tujuannya.

Pengukuran bluetooth

Ada tiga aspek dalam melakukan pengukuran Bluetooth: pengukuran RF (Radio Frequency), protokol dan profile. Pengukuran radio dilakukan untuk menyediakan compatibility perangkat radio yang digunakan di dalam sistem dan untuk menentukan kualitas sistem serta dapat menggunakan perangkat alat ukur RF standar seperti spectrum analyzer, transmitter analyzer, power meter, digital signal generator dan bit-error-rate tester (BERT). Hasil pengukuran harus sesuai dengan spesifikasi dan memenuhi parameter yang tercantum dalam Tabel 1.
Dari informasi Test & Measurement World, untuk pengukuran protokol, dapat menggunakan protocol sniffer yang dapat memonitor dan menampilkan pergerakan data antar perangkat bluetooth. Pengukuran profile dilakukan untuk meyakinkan interoperability antar perangkat dari berbagai macam vendor.

Fitur Keamanan bluetooth

Bluetooth dirancang untuk memiliki fitur-fitur keamanan sehingga dapat digunakan secara aman baik dalam lingkungan bisnis maupun rumah tangga. Fitur-fitur yang disediakan bluetooth antara lain sebagai berikut:
•Enkripsi data.
•Autentikasi user
•Fast frekuensi-hopping (1600 hops/sec)
•Output power control

Fitur-fitur tersebut menyediakan fungsi-fungsi keamanan dari tingkat keamanan layer fisik/ radio yaitu gangguan dari penyadapan sampai dengan tingkat keamanan layer yang lebih tinggi seperti password dan PIN. Tetapi dari sebuah artikel Internet, menurut penelitian dua mahasiswa Tel Aviv University, mengenai adanya kemungkinan Bluetooth bisa disadap dengan proses pairing berpasangan.
Caranya adalah dengan menyiapkan sebuah kunci rahasia pada proses pairing. Selama ini dua perangkat bluetooth menyiapkan kunci digital 128 bit. Ini adalah kunci rahasia yang kemudian disimpan dan dipakai dalam proses enkripsi pada komunikasi selanjutnya. Langkah pertama ini mengharuskan pengguna yang sah untuk menginputkan kunci rahasia yang sesuai, PIN empat digit ke perangkat. Pesan lalu dikirim ke perangkat lainnya, dan ketika ditanyai kunci rahasia, dia berpura-pura lupa. Hal ini memacu perangkat lain untuk memutus kunci dan keduanya lalu mulai proses pairing baru. Kesempatan ini kemudian bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mengetahui kunci rahasia yang baru. Selain mengirim ini ke perangkat Bluetooth yang dituju, semua perangkat Bluetooth yang ada dalam jangkauan itu juga tetap dapat disadap.

Bluetooth FHSS vs WLAN DSSS

Bluetooth lebih memilih metode FHSS (Frequency Hopping Spread Spectrum) dibandingkan dengan DSSS (Direct Sequence Spread Spectrum). Alasan bluetooth tidak menggunakan DSSS antara lain sebagai berikut :
1.FHSS membutuhkan konsumsi daya dan kompleksitas yang lebih rendah dibandingkan DSSS hal ini disebabkan karena DSSS menggunakan kecepatan chip (chip rate) dibandingkan dengan kecepatan simbol (symbol rate) yang digunakan oleh FHSS, sehingga cost yang dibutuhkan untuk menggunakan DSSS akan lebih tinggi.
2.FHSS menggunakan FSK dimana ketahanan terhadap gangguan noise relatif lebih bagus dibandingkan dengan DSSS yang biasanya menggunakan OPSK ( untuk IEEE 802.11 2 Mbps) atau CCK ( IEEE 802.11b 11 Mbps).
Walaupun FHSS mempunyai jarak jangkauan dan transfer data yang lebih rendah dibandingkan dengan DSSS tetapi untuk layanan dibawah 2 Mbps FHSS dapat memberikan solusi cost-efektif yang lebih baik.
Aplikasi dan Layanan
Protokol bluetooth menggunakan sebuah kombinasi antara circuit switching dan packet switching. Bluetooth dapat mendukung sebuah kanal data asinkron, tiga kanal suara sinkron simultan atau sebuah kanal dimana secara bersamaan mendukung layanan data asinkron dan suara sinkron. Setiap kanal suara mendukung sebuah kanal suara sinkron 64 kb/s. Kanal asinkron dapat mendukung kecepatan maksimal 723,2 kb/s asimetris, dimana untuk arah sebaliknya dapat mendukung sampai dengan kecepatan 57,6 kb/s. Sedangkan untuk mode simetris dapat mendukung sampai dengan kecepatan 433,9 kb/s.
Range yang dapat dijangkau oleh Bluetooth adalah 10 meter atau 30 feet. Sistem Bluetooth juga menyediakan layanan komunikasi point to point maupun komunikasi point to multipoint. Produk bluetooth dapat berupa PC card atau USB adapter yang dimasukkan ke dalam perangkat. Sedangkan perangkat yang dapat dikombinasikan dengan Bluetooth diantaranya: handphone, kamera, personal computer (PC), printer, headset, Personal Digital Assistant (PDA), dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang dapat disediakan oleh layanan bluetooth ini antara lain : PC to PC file transfer, PC to PC file synch ( notebook to desktop), PC to mobile phone, PC to PDA, wireless headset, LAN connection via ethernet access point dan sebagainya.

Kelebihan bluetooth

Kelebihan yang dimiliki oleh sistem Bluetooth adalah:
•Bluetooth dapat menembus dinding, kotak, dan berbagai rintangan lain walaupun jarak transmisinya hanya sekitar 30 kaki atau 10 meter
•Bluetooth tidak memerlukan kabel ataupun kawat
•Bluetooth dapat mensinkronisasi database dari handphone ke komputer
•Dapat digunakan sebagai perantara modem
•Di Indonesia, perkembangan bluetooth mengacu pada negara-negara maju dan sudah banyak sekali perangkat yang dilengkapi dengan sistem bluetooth sehingga memudahkan berbagai proses transfer data

Kekurangan bluetooth

Kekurangan dari sistem Bluetooth adalah:
•Sistem ini menggunakan frekuensi yang sama dengan gelombang LAN standar
•Apabila dalam suatu ruangan terlalu banyak koneksi Bluetooth yang digunakan, akan menyulitkan pengguna untuk menemukan penerima yang diharapkan
•Banyak mekanisme keamanan Bluetooth yang harus diperhatikan untuk mencegah kegagalan pengiriman atau penerimaan informasi.
•Di Indonesia, sudah banyak beredar virus-virus yang disebarkan melalui bluetooth dari handphone

SUMBER :WIKIPEDI

juel gearz

webcam

Webcam
Sebagian besar orang pasti berfikir ,web cam an asyik ni.pa lagi sewaktu kita menggunakan yahoo messenger dan lain sebagainya kayak ada yang kurang kurang kalau ga pakai cam.
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.

Tipe-Tipe Webcam

Slim1320 (True 1.3 Mega Pixels High Performance Web Cam), Slim 2020AF (Mega Pixel Web Camera Auto Focus), Eye 312 (Simplify Instant Video and Chat), Eye 110 (Instant Video Messenger WebCam) serta i-Look 1321 (Advance 1.3 Mega Pixel Camera), dan lain-lain. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).

Cara Kerja Webcam

Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar; kabel support, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera. Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah software merubah gambar ke dalam bentuk file JPEG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol (FTP).
Frame rate mengindikasikan jumlah gambar sebuah software dapat ambil dan transfer dalam satu detik. Untuk streaming video, dibutuhkan minimal 15 frame per second (fps) atau idealnya 30 fps. Untuk mendapatkan frame rate yang tinggi, dibutuhkan koneksi internet yang tinggi kecepatannya. Sebuah web camera tidak harus selalu terhubung dengan komputer, ada web camera yang memiliki software webcam dan web server bulit-in, sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Web camera seperti ini dinamakan “network camera”. Kita juga bisa menghindari penggunaan kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi Ethernet ataupun WiFi.

Sejarah Perkembangan Webcam

Pada awalnya, bentuk web camera terbatas pada bentuk-bentuk standar yang hanya terdiri dari lensa dan papan sirkuit serta casing yang biasa. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk web camera pun sudah makin bervariasi dengan fitur-fitur yang makin canggih. Salah satu bentuk web camera yang unik adalah bentuk boneka yang lucu, web camera ini dapat disalahartikan hanya sebagai boneka dan bukan webcam. Sebuah penemuan oleh Microsoft pada tahun 2004 menggambarkan kemajuan perkembangan teknologi web camera. i2i adalah sebuah sistem dua-kamera yang dengan sangat hati-hati mengikuti pergerakan individu. Kamera ini menggunakan perhitungan algoritma yang secara spesial dikembangkan untuk memfusikan apa yang setiap kamera lihat untuk membuat gambar ‘cyclopean’ stereo yang akurat. Kamera ini juga dapat menampilkan emoticon 3D yang melayang. Sistem i2i dapat juga menghasilkan gambar background yang realistis sehingga pengguna dapat berpura-pura berada di tempat lain. Kemampuan sistem i2i ini, diantaranya yaitu kemampuan tracking (disebut smart framing) dan juga kemampuan smart focusing, dapat menambah pengalaman berkonferensi bagi pengguna.
Teknologi web camera pada awalnya mendapat dukungan komersial dari industri pornografi. Industri ini membutuhkan gambar-gambar ‘live’ dan meminta pembuatan software yang mampu melakukannya tanpa web browser plugins. Hal ini melahirkan teknologi live streaming webcam yang masih tetap ada hingga sekarang. Sekarang ini web camera yang ada di pasaran pada umumnya terbagi ke dalam dua tipe: web camera permanen (fixed) dan revolving web camera. Pada web camera permanen terdapat pengapit untuk mengapit lensa standar di posisi yang diinginkan untuk menangkap gambar pengguna. Sedangkan pada revolving web camera terdapat landasan dan lensa standar dipasang di landasan tersebut sehingga dapat disesuaikan ke sudut pandang yang terbaik untuk menangkap gambar pengguna. Penggunaan web camera mencakup video conferencing, internet dating, video messaging, home monitoring, images sharing, video interview, video phone-call, dan banyak hal lain. Kamera untuk video conference biasanya berbentuk kamera kecil yang terhubung langsung dengan komputer. Kamera analog juga kadang-kadang digunakan, kamera ini terhubung dengan video capture card dan tersambung dengan internet (baik langsung maupun tidak langsung). Saat ini kamera untuk video conference sudah makin maju, sudah ada web camera yang di dalamnya terdapat microphone maupun noise cancellation untuk memfokuskan audio ke speaker yang terletak di depan kamera sehingga noise yang ada tidak mengganggu jalannya konferensi.

Fitur dan Setting Webcam

1.Motion sensing – web camera akan mengambil gambar ketika kamera mendeteksi gerakan.
2.Image archiving – pengguna dapat membuat sebuah archive yang menyimpan semua gambar dari web camera atau hanya gambar-gambar tertentu saat interval pre-set.
3.Video messaging – beberapa program messaging mendukung fitur ini.
4.Advanced connections – menyambungkan perangkat home theater ke web camera dengan kabel maupun nirkabel.
5.Automotion – kamera robotik yang memungkinkan pengambilan gambar secara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan posisi kamera.
6.Streaming media – aplikasi profesional, setup web camera dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio dan video yang sesungguhnya.
7.Custom coding – mengimport kode komputer pengguna untuk memberitahu web camera apa yang harus dilakukan (misalnya automatically refresh).
8.AutoCam – memungkinkan pengguna membuat web page untuk web cameranya secara gratis di server perusahaan pembuat web camera.

Permasalahan webcam

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi web camera. Secara fisik, kamera-kamera yang beredar di pasaran memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan personal pengguna karena desainnya yang cukup bergaya namun hanya memiliki sedikit variasi. Lalu, sudut pandang web camera disesuaikan tidak langsung dalam cara yang tidak nyaman. Dan juga pengguna banyak menemui kesulitan ketika menyesuaikan posisi web camera untuk menangkap gambar. Permasalahan lainnya adalah sebuah program yang dinamakan ‘Trojan Horse’, program ini memungkinkan hacker untuk mengaktifkan web camera tanpa sepengetahuan pengguna kamera. Sehingga hacker dapat mengambil gambar live video dari sang pengguna kamera. Untuk menanggulanginya, kamera-kamera dilengkapi penutup lensa ataupun lampu LED yang akan menyala jika kamera dalam keadaan aktif.
Dengan semakin banyaknya penggunaan web camera di seluruh dunia, web site aggregator pun muncul. Web site ini memungkinkan pengguna untuk menemukan live video stream berdasarkan lokasi ataupun kriteria lainnya. Camera dapat menimbulkan permasalahan sosial. Kemudahan akses terhadap live video stream memungkinkan maraknya pornografi ilegal ataupun pornografi anak. Pedofil dapat dengan mudahnya berhubungan dengan korbannya tanpa sepengetahuan orangtua korban. Internet memungkinkan terjadinya transaksi seksual dengan kontrol yang hampir tidak ada. Menurut penelitian yang dilakukan di Amerika yang ditayangkan di Oprah Winfrey Show,impian terbesar para pedofil adalah agar mereka dapat hadir di tengah anak-anak, dan teknologi web camera mewujudkan mimpi tersebut.Karena web camera tidak hanya memungkinkan orang saling bertemu namun juga memungkinkan orang memperlihatkan bagian-bagian tubuh mereka. Anak-anak yang memiliki tingkat pengetahuan tinggi akan sangat rentan terhadap hal ini.


Sumber Wikipedia

juel gearz

Senin, 24 Januari 2011

Pandanharum

PANDANHARUM

Sebuah desa yang terletak di kecamatan gabus , kabupaten grobogan, jawa tengah adalah desa yang begitu damai. aku adalah salah satu warganya,hehehehe. Walaupun belum setenar kuwu,pandan harum juga memiliki daerah yang sebenarnya cocok untuk daerah obyek wisata.di desa ini ada yang namanya sendang teleng (begitu orang sekitar menyebutnya).aliran air sungai yang jernih ditambah rimbunnya pepohonan menjadikannya sangat sejuk, pas banget untuk menghilangkan stress yang seminggu penuh otak kita di hajar pekerjaan
juel gearz pandanharum
Denger-denger sih mata air sendang teleng berasal dari sendang coyo yang terletak di desa panunggalan pulokulon.yang kata orang airnya ga ada habisnya. Tapi emang bener sih,setiap musim kemarau neskipun kampong sebelah sumur pada kering,tapi daerah pandan syukur Alhamdulillah air nya masih mengalir deras.apakah mungkin emang karena berasal dari sendang coyo…?(wallahua’lam..)jadi desa tetangga setiap musim kemarauberbondong-bondong mengambil air di pandan, dan dimanfaatkan pula oleh warga sekitar dengan memungut sedikit uang untuk pembangunan desa.jadi ada tambahan pendapatan desa,hehehehhe,,lumayan.
Seandainya kalian ke purwodadi, jangan segan-segan mampir ke desa kami,OKE….,,,,

juel gearz pandanharum


join di komunitas kami dI FACEBOOK pandan dunia maya on facebook



JUEL GEARZ cah PANDAN doel rell

Sabtu, 22 Januari 2011

kumpulan soal uan SMA dan penjelasannya

gini ni ,,kalau mau ujian anak anak pada sibuk cari soal-soal uan . padahal kan biasana belajar aja malez...hehehehehe.
oke deh tanpa banyak ngemeng langsung di kasih dah contoh soal UAN SMA co
* contoh soal UAN bahasa inggris dan jawabannya :
download aja download soal UAN bahasa inggris
* contoh soal UAN sma KIMIA dan penjelasannya :
download aja download soal UAN KIMIA
* contoh soal UAN sma FISIKA dan penjelasannya :
download aja download soal UAN FISIKA
* contoh soal UAN sma BIOLOGI :
download aja download soal UAN BIOLOGI
* contoh soal UAN sma matematika :

download aja download soal UAN MATEMATIKA

untuk postingan saat ini cukup itu dulu .
untuk mapel yang lain tunggu aja di postingan berikutnya......
wassalam..

juel gearz

Dapatkan Kabar Berita Terkini